Tujuan Front Office
Front
office rnerupakan salah satu department yang terdapat pada sebuah hotel
yangmempunyai fungsi dan peranan penting untuk mewujudkan tujuan yang akan
dicapai oleh hotel.
Sedangkan tujuan dari Front Office adalah sebagai berikut
:
a.
-Meningkatkan
tingkat hunian kamar serta pendapatan hotel dari tahun ke tahun b.
-Meningkatkan
jumlah tamu langganan yang datangc.
-Memenuhi
kebutuhan dan kepuasan tamu secara baik, mulai saat tamu datang,saat
menginap, bahkan sampai meninggalkan hotel.
-Membentuk
citra hotel yang positif
Fungsi Front Office
Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut front
office mempunyai fungsi dan peranan.Fungsi dan peranan dari kantor depan
dilakukan dalam kegiatan sehari-hari.
Adapunfungsi dari kantor depan adalah sebagai berikut:
a.
-Menjual
kamar: dalam penjualan kamar dilakukan kegiatan menerima dan memproses
reservasi, melakukan pendaftaran tamu, sampai memblok kamar.
-Memberikan
informasi tentang seluruh produk. fasilitas, pelayanan serta aktivitasyang ada
didalam maupun diluar hotel.
-Mengkoordinasikan
kepada bagian yang lain yang terkait dalam rangka memenuhi keinginan
tamu, serta
memberikan pelayanan yang maksimal.
-Melaporkan
status kamar yang terkini.
-Mencatat,
memeriksa pembayaran tamu, serta menangani rekening tamu.
-Membuat laporan yang dibutuhkan hotel.
-Memberikan
layanan komunikasi.
-Memberikan
pelayanan barang bawaan tamu.
-Menyelesaikan
keluhan tamuFungsi dari Front Office dapat digambarkan dengan bagan
berikut Gambar 1.2.1 Fungsi Front Office
Fungsi Front
Office
LaporanHotel
Menangani Rekening
tamu
Melaporkan Status
Kamar
Layanan komunikasi Keluhan tamu
Memberikan Informasi Berkoordinasi Pelayanan Barang
tamu
Menjual kamar
terima kasih atas informasi yang telah di sampaikan
BalasHapusini sangat bermanfaat sekali untuk anak sekolah pariwisata